Koalisi Depok Bersatu Mau Menang Pilkada ? Ini Syaratnya !


Haris Maulana – Depok News | Tuesday, 30/6/15 , 20:10 WIB | 290 Views | 0 Comments

Deklarasi Koalisi Depok Bersatu (Foto: Mia/Depoknews)

Depoknews.com–Koalisi Depok Bersatu (KDB) dideklarasikan demi meraup suara para pemilih di Depok. KDB disarankan mengusung figur calon pemimpin Depok yang dikenal masyarakat.

Geliat Pilkada Depok semakin terasa. Para bakal calon yang digadang-gadang bakal maju telah memasang strategi demi menjadi orang nomor satu di Kota Depok. Strategi dimaksud termasuk deklarasi KDB yang berisikan enam partai, yakni Demokrat, PAN, PPP, Hanura, NasDem.

Pengamat Politik UI Iksan Darmawan mengaku optimistis menatap KDB yang memiliki 19 kursi di DPRD Kota Depok. Menurutnya, KDB sangat berpeluang merebut posisi pimpinan Depok dari partai pemenang sebelumnya, yakni PKS, asalkan dapat mencari figur yang tepat.

“Kalau mau menang, Hasbullah (Ketua DPD PAN Depok-red) harus dipasangkan dengan tokoh nasional maka peluangnya akan besar terjadi,” katanya, baru-baru ini.

Iksan menambahkan, peluang pasangan kepala daerah asal Depok tidak akan mampu menandingi PKS meski saat ini hanya memiliki enam kursi. “Akan sulit jika hanya tokoh dari Depok untuk mengalahkan PKS,” imbuhnya.

Partai, tambah Iksan, mau tidak mau harus mencari figur sekaliber Rieke Diah Pitaloka alias Oneng atau tokoh Nasional yang sudah dikenal warga Depok. Pasalnya, partai di luar PKS masih kalah pada tataran akar rumput, dimana meskipun dirundung beragam persoalan PKS masih tetap solid.

“Partai di luar PKS masih kalah dari PKS dalam hal akar rumput,” jelasnya.

Menurutnya, jika partai memaksakan diri untuk mencalonkan calon yang berasal dari Depok, seperti halnya Babai Suhaimi yang dalam beberapa hasil survei menduduki urutan atas, bakal dipastikan kalah dari calon yang diusung PKS seperti Imam Budi Hartono (IBH) maupun Idris Abdul Shomad (IAS). Keduanya mempunyai pendukung yang tak diragukan lagi loyalitasnya.

“Babai mau geer atau mau menang? Kalau mau menang, jangan maju. Orang lain yang disuruh maju. Babai bersaing bisa, tapi menang sulit,” lugasnya.

Iksan menegaskan, hal itu sama halnya dengan peluang yang dimiliki partai pemenang Pemilu 2014, PDI Perjuangan. PDIP hanya akan sia-sia jika tidak mencalonkan calonnya dari pusat sebagai pengganti Oneng. Pasalnya, tandas Iksan, meskipun finansial menjadi kekuatan untuk bisa memenangkan pertarungan Pilkada, hal itu takan berarti. PKS sudah membuktikan pada tahun 2010 yang tidak mempunyai banyak finansial, tapi bisa menang.

“Tahun 2010 juga kekuatan finansial PKS enggak begitu besar, tapi bisa menang. Maka satunya-satunya jalan bukan lagi tokoh Depok, tapi figur yang benar-benar dikenal baik oleh masyarakat,” tutup Iksan. (har/fyu)

– See more at: http://depoknews.id/koalisi-depok-bersatu-mau-menang-pilkada-ini-syaratnya/#sthash.bQlyxKwR.dpuf

Satu komentar pada “Koalisi Depok Bersatu Mau Menang Pilkada ? Ini Syaratnya !”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.